DIGITAL DESA

Pintu Gerbang Digital Masuk Desa

Semangat era 4.0 sesuai dengan Permendagri no.47 2016 tentang Administrasi Pemerintah Desa

Solusi yang Kami Berikan

Administrasi Desa

Aplikasi pengelola informasi desa yang dapat digunakan secara mandiri oleh perangkat desa. Bermanfaat untuk mendukung fungsi dan tugas kantor desa, termasuk administrasi kependudukan, perencanaan, pelaporan, pengelolaan asset, pengelolaan anggaran, layanan publik dan lain sebagainya.

Pelayanan Desa

Aplikasi pelayanan desa yang dapat digunakan secara mandiri oleh masyarakat. Mempermudah masyarakat dalam pelayanan administrasi, termasuk administrasi kependudukan, administrasi nikah, pertanahan dan lain sebagainya.

Feature Add On

Avatar

Digital Dapodes

(Data Pokok Desa)

Avatar

Digital Persuratan

(Koneksi Dapodes)

Avatar

Digital Layanan

(Aplikasi Android
Masyarakat)

Avatar

Digital Aset

(Manajemen aset
dan laporannya)

Lihat cara kami membantu Anda

Klien Kami

Kabupaten Pinrang

Kabupaten Barru

Kabupaten Wakatobi

Artikel

Inovasi Desa Digital : Desa Pao-Pao, Kabupaten Barru.

Digital Desa, Makassar. Seiring gencarnya pemerintah Provinsi Jawa Barat mengusung desa digital di Desa Puntang, Kecamatan Losarung, Indramayu di akhir tahun 2018. Salah satu desa di Kabupaten Barru Provinsi Sulawesi Selatan juga tidak ingin ketinggalan dengan inovasi tersebut. Pada akhir tahun 2018, Bapak Syamsul Bahri selaku Kepala Desa Pao-Pao memutuskan untuk beralih dari sistem administrasi offline menuju sistem administrasi online. Ide tersebut mulanya telah ada sejak 8 (delapan) tahun yang lalu, semenjak beliau terpilih menjadi kepala desa. Namun minimnya informasi terkait sistem admnistrasi desa berbasis digital pada waktu itu, harapan beliau akhirnya harus tertunda lebih dulu.

Harapan Bapak Syamsul Bahri dengan beralihnya sistem administrasi desa dari offline ke online, mampu membantu masyarakat dan perangkat desa meciptakan pelayanan adminitrasi yang mudah, cepat, aman, serta valid. Selain itu, beliau juga ingin agar kiranya penerapan sistem admintrasi berbasis digital tidak hanya diterapkan di desa pao-pao saja, melainkan di seluruh desa di Indonesia. Perencanaan launching sistem administrasi berbasis digital di Desa Pao-pao di jadwalkan awal bulan April nanti. Dalam pelaksanaan pemasangan sistem administrasi tersebut, Desa Pao-pao berkerja sama dengan digital desa untuk penyediaan sistem administrasi tersebut.

Tidak hanya Desa Pao-Pao, Kabupaten Wakatobi dan Kabupaten pinrang juga menjadi daerah yang telah menggunakan produk Digides. Adapun salah satu desa di wakatobi menggunakan produk Digides di tahun 2018 yaitu Prodeskel (Profile Desa & Kelurahan). Sedangkan di Kabupaten Pinrang itu sendiri yaitu Desa Tosora menggunakan produk web profile ditahun 2017-2018.

Close

Go Online : Memasuki Desa Digital

Era digital merupakan sebuah masa dimana manusia telah melek teknologi dan segala sesuatunya telah terkoneksi. Di era ini segala sesuatunya dapat dikerjakan lebih cepat, mulai dari komunikasi jarak jauh sampai dengan mendapatkan informasi secara real time. Menurut Devi Asiati, Peneliti Pusat Penelitian Kependudukan (LIPI), mengatakan digitalisasi berdampak pada perubahan kegiatan melalui alat, terutama sektor industri dengan adanya digitalisasi mengubah pula kondisi kinerja dan tenaga kerja (dalam Tribun Jabar 7/12/18).

Memasuki era digital, mau tidak mau mengharuskan semua sistem sebisa mungkin turut serta dalam arus digitalisasi. Hal itu menyebabkan masyarakat desa pun harus masuk ke Desa digital atau Desa Go Online. Desa digital itu sendiri sebuah upaya mengembangkan penyelenggaraan kepemerintahan desa dengan basis teknologi digital. Salah satunya yaitu dengan membangun Sistem Informasi Desa (SID). Hal ini bermanfaat untuk mendukung fungsi dan tugas kantor desa dan juga membantu masyarakat desa dari segi pelayanan dan pengenalan desanya. Pemanfaatan sistem digital juga akan menciptakan perubahan pola sistem pengetahuan warga desa. Jika dulunya warga desa melakukan segala sesuatunya secara konvensional dalam mengurus administrasi, dengan adanya sistem digital ini masyarakat desa akan menyadari betapa cepat dan praktisnya sistem tersebut.

Close